Tuesday, December 15, 2015

Dalam berteman...

Dalam berteman...
ya, dalam berteman kadang tidak ada yang namanya syarat dan ketentuan yang berlaku...
namun kerap kali dengan sendirinya dalam suatu pertemanan, kita akan tahu apa yang do and don't.

adalah hal yang tidak menyenangkan ketika berteman dengan seseorang yang tidak mengerti apa yg do and don't, namun menuntut banyak untuk dimengerti.
Bersikap baik tapi tanpa mau mengoreksi diri masing-masing.

adalah hal yang tidak menyenangkan ketika menghadapi seorang teman yang tidak dapat mengatasi amarahnya, sebegitu mudahnya terpicu untuk marah hanya karena masalah kecil. Katakanlah turn an minor event into titanic pain in as*, sorry to say. lalu dengan mudahnya menceritakan kepada semua orang, apa yang telah kita lakukan kepadanya, tapi dia tidak mau mengoreksi diri ada apa dan mengapa.

adalah hal yang makin tidak menyenangkan ketika tahu bagaimana dy mengatakan di belakang kita (tapi di depan orang lain) bahwa kita orang gila, tidak punya hati dan tidak punya perasaan hanya karena soal kecil. hanya karena celetukan tak berarti. lalu meninju kibor habis-habisan, entahlah apa sedang membayangkan itu muka kita, yang seharusnya ditonjok habis-habisan.

adalah hal yang makin tidak menyenangkan, ketika seorang teman dengan mudah menganalisa setiap kesalahan yang dibuat dan menyebarkan kepada orang lain. Bahkan mungkin sekedar bernafas pun menjadi salah.
tidak sekali ini menjadi salah karena hal kecil.
tidak sekali ini menjadi sumber kemarahan.

lalu jika akhirnya menarik diri dan menjaga jarak dari pertemanan seperti ini adalah mungkin lebih baik.
iya lebih baik.
agar tidak menjadi sumber kemarahan dan sumber suudzon buat teman kita tersebut.

Semoga saja tidak mempunyai teman seperti ini.

Ya Allah, semoga hamba dijauhi dari pertemanan seperti ini, yang tidak bermanfaat untuk masa depan akhirat hamba. yang hanya akan disusupi setan. yang hanya akan menimbulkan penyakit hati lainnya.


*mengalah dan diam adalah the best way of this kind of friendship*

No comments:

Post a Comment