Thursday, May 21, 2015

rubella - saat hamil nayla adiarafa

Kali ini gw mw crita ttg salah satu ygbikin deg2an saat hamil nayla adiarafa. Yaitu virus rubella.

Ceritanya nau demam dan ada bintik merah, ada batuk jg. Krn g sembuh2, akhirnya oleh ayahnya dbawa ke dokter. Krn gw kerja dan kantor gw super ketat, jd g bs izin seenaknya, terpaksa g ikut anter nau. Yah sejak ngantor di sini, g bs deh ijin2 seenaknya *yah jd curhattt*. Mudah2an dpt tempat kerja baru, amin. 

Tiba2 suami wa n telpon gw, klo nau suspect rubella dan krn suami crita ke DSA klo emakny nau lg halim, lsg dsuruh DSA spy nau dijauhkan dr emaknya. Whatttt??? Krn katanya berbahaya rubella thd ibu hamil. Klo pd anak, dlm seminggu jg bs sembuh sendiri. DSA sih ksh obat juga.

Sekalian deh gw crita DSA langganan nau. Doi adalah Dr. Isabella R yg praktek di rs mitra klp gading. Cocok bgt kami sama doi. Soalny dokterny ramah bgt dan sgt informatif. Maklum kami kan ortu yg bawel. Sama anak kecil jg friendly. Kadang abis berobat ke doi, nau bs lsg sembuh...hahaha lebay. Katany mah bukan sakit tp kangen ma bu dokter.

Balik lg ke rubella, bdsk info dr dokter dan hasil googling, ternyata virus rubella sgt berbahaya jika menular ke ibu hamil krn dpt menyebabkan kelainan pd janin. Seketika gw panik. Lsg donk gw sms, aa DSOG gw. Dan gw lsg dsuruh cek IgM. Krn abis baca2 hrs cek IgG dan IgM, jd gw cek keduanya.

Awalny mw cek di prodia, uda tny biaya n lama pengerjaan jg yaitu sekitar 4 jam klo g salah. Tp krn pertimbangan biar praktis, gw cek di rs mitra dan ternyata lama ya booo 9jam prosesnya. Terlanjur sdh d situ ya udah trima aja. Ambil darah pagi, malem balik lagi, ambil hasil dan lsg konsul ke DSOG. Alhamdulillah hasilny negatif, artinya gw g blm terpapar virus rubella. Dan diminta jauh dr nau dulu.

Nau sendiri dari rs tanpa babibu lg, hr itu jg dbawa ke bandung. Dititip ke neneknya. Dan ternyata di sana dy menularkan virus ke sepupunya.

Buat para calon ibu hamil, disarankan vaksinasi dulu deh dgn vaksin TORCH...mencegah lbh baik kan drpd mengobati. Apalg si rubella ini fatal bgt buat janin.

No comments:

Post a Comment