Sunday, May 17, 2015

melahirkan naureen - putri pertamaku

Baru seminggu lalu aku melahirkan putri keduaku...
jadi teringat proses melahirkan naureen - putri pertamaku.

Cuti sudah diambil 2 minggu sebelum hpl, sesuai permintaan suami. Seminggu berlalu blm ada tanda2 melahirkan. Rencana mw ikut suami ke tangerang, tp dilarang mama n kaka ipar. Jadilah suami ke tangerang sendirian *rumah kontrakan kami di tangerang*.

Seharian mules2..bolak2 ke wc...diare kupikir. Tp rupanya itu pertanda. Sore jam 5, tiba2 ada darah di CD. Krn g ngerti, maka tanya kaka ipar bahkan nunjukin tuh CD. Kaka ipar lsg panik dan mengajak ke bidan, tp aku masih tenang2 aja krn belum ada kontraksi.

Tapi tetap berangkat k bidan..dan ditangani bidan junior..setelah di-VT (sakit pas dicolok) katany uda bukaan 1 tapi sepertiny plasenta di bawah sehingga ada kemungkinan harus dicaesar. Lsg panik dan segera telepon org kantor untuk hubungi pihak asuransi. Tp komenny ko ga enakin...malah bilang "jangan di RS itu mahalll...". Ish suka2 gw mw lahiran dmn keleuss.

Kaka ipar lalu ngajakin usg di klinik SpOg yg deket rumah. Oke berangkat. Di-VT lg sama DSOg...g kerasa sakit...dibilang bukaan 1. Lalu di usg dan bilang semua baik2 aja posisiny, bisa normal.

Lalu pulang deh tunggu kontraksi yg 5 menit sekali dan teratur.
di rumah bolak2 jalan, minum sari kurma, jongkok berdiri, msh sempat sholat isya juga...berdoa lahiran lancar.

Selepas isya kontraksi makin sering. Dan mulai ngitungin brp menit sekali.
jam 12 malam kontraksi makin kuat dan sdh 5 menit sekali. Maka siap2 deh k bidan.

Sampe di bidan di-VT sama bidan pemilik klinik (yg emang aku pengenin ditangani doi) katany sudah bukaan 4-5...diperkirakan lahir shubuh. Wew...masih lama yak...baru juga mau jam 1 pagi. Msh 4 jam nahan ngilu-nyeri-sakit nih. Bidanny bilang "panggil saya lagi nanti klo kerasa mau BAB yah". Doi mau bobo lg kayanya. Wew santaiii bgt doi yah.

Mama dan suami nemenin aku setelahmy...mama mengelus perut, mengajak ngobrol si dede bayi spy cpt keluar. Suami sibuk pegangin tangan. Dan aku sibuk gigit boneka ulil yg sengaja dibawa unt menahan sakit. Jika kontraksi terasa sakit, aku minta maaf sama mama.
Sekitar jam 2an lewat, setelah melalui kontraksi yg makin kuat, cepat, jarak yg berdekatan, akhirny terasa mau BAB. Aku lsg bilang mama minta panggil bidan. Bu bidan cek bukaan tp sepertimy blm lengkap...dan bilang "klo mw BAB, BAB aja dulu..pipis dulu aja". Aku pun nurut pipis dulu, sambil jalan tertatih. Sakit boo.

Abis itu naik lagi ke kasur, bukaan lengkap dan terasa mw ngedan. Aku pun tny sambil nahan rasa ingin ngedan. "Bu bidan uda boleh ngedan blm?" "Blm, tarik napas aja dulu". Krn inget saran2, jgn ngedan klo blm ada aba2 dr bu bidan. 3X ngedan akhirny lahir juga si putri cantik. Dan sukses tanpa jahitan. Pinter cari jalan nih kaka naureen. Setelah lahir..hilang sudah semua rasa sakit. Plong dan bahagia.

Begini ternyata rasanya melahirkan jadi makin takut berbuat dosa sama ortu terutama mama.

Lahir jam 02.55 pagi (lbh cepat dr perkiraan bidan dan maju seminggu dr hpl). 10jam saja proses kelahiran Naureen. Sore jam 16.00 hr itu juga aku boleh pulang setelah diobservasi baik saja.

No comments:

Post a Comment