Thursday, October 27, 2016

Berobat Cancer dengan BPJS di RS MRCCC Siloam Semanggi

Ya...saya mau posting ini sekarang.

RS MRCCC Siloam Semanggi sekarang (per 2015 kayakny, CMIIW) menerima pasien BPJS khusus penderita kanker. Suatu kabar yang menggembirakan.

Bapak saya didiagnosa oleh dokter di RSUD Koja (RS tipe B) terkena Kanker Kolon. Dan harus dirujuk ke RS tipe A yang bisa mengobati CA nya. Diinformasikan bahwa bisa dirujuk ke RS Dharmais, RSPAD Gatot Subroto atau RS Persahabatan.

Akhirnya kami pilih RS Persahabatan minggu lalu, tapi apa daya, kamar penuh, antrian cukup panjang. Sehingga bisa dibilang ditolak. Dan harus coba kembali esok harinya.

Setelah tanya sana-sini dan browsing2, nemu blog salah satunya : blog http://widyawuri.blogspot.co.id/2015/01/horee-rs-mrccc-siloam-semanggi-terima.html

akhirnya kami memutuskan merujuk pasien ke RS ini.

Awalnya saya datangi untuk menanyakan persyaratan.
Syaratnya simpel :
1. Kartu BPJS asli
2. Surat rujukan dari RS Tipe B atau C yang diverifikasi petugas BPJS (cap dan tanda tangan) disertai hasil patologi anatomi

Foto brosurnya nanti saya posting.

Akhirnya setelah mengurus surat rujukan di RSUD Koja, akhirnya kami dapat suratnya hari Selasa (25/10/2016).

Hari Rabu (26/10/2016), kami urus ke kantor BPJS RS MRCCC di Lantai 22. Hanya sedikit pengantri. Petugasnya juga ramah. Oleh mbak petugas BPJS, persyaratan dinyatakan lengkap dan sudah bisa dibuatkan janji untuk bertemu dokter di Poli.
jadi ini kabar bagus banget buat penderita kanker yang pakai BPJS bisa di RS MRCCC, prosedur dan syaratny mudah. Ga antri lama juga.

Tapi sayang disayang....karena posisi bapak saya di ICU, prosedur tersebut tidak bisa.
Mbak petugas BPJS bilang, kalau masih di ICU, maka tidak bisa. Minimal harus pindah ke kamar rawat dahulu, lalu pihak RSUD Koja yang menghubungi UGD RS MRCCC untuk merujuk pasien pindah perawatan inap. Mbak BPJS juga informasikan kalau kamar selalu tersedia di sini.

Padahal kalau rawat jalan, sudah bisa ketemu dokterny keesokan hari atau lusanya. Ah, sedihhhh.

Akhirnya hari kamis (27.10.2016), kami jelaskan perihal ini ke RSUD Koja. Meminta bantuan agar dapat merujuk pasien. dan  pihak RSUD Koja menghubungi RS MRCCC dan malamnya mengirim email ke UGD RS MRCCC.

Jumat pagi kami hubungi pihak UGD RS MRCCC, informasinya harus menunggu approval Verifikator BPJS.
Kami coba follow up by phone, namun nampaknya sibuk sekali.

Semoga saja segera diverifikasi, sehingga Bapak saya bisa dipindah ke RS MRCCC dan mendapat penanganan lebih lanjut.

Nanti akan saya update kelanjutannya yah.

Salam semangat.
#SemogaBapakLekasSembuh


4 comments:

  1. Mba sewaktu di rs koja sudah dilakukan biopsikah? Jadi pada saat pendaftaran bpjs di mrccc Siloam sudah harus membawa hasil biopsi ya? Atau boleh biopsi di bpjs mrccc siloam?

    ReplyDelete
  2. Bagaimana mba update selanjutnya???

    ReplyDelete
  3. saya juga menunggu update cerita BPJS nya

    ReplyDelete
  4. Saya juga menunggu update Carita bpjsnya mbak. Saya punya pengalaman Sama. Dan Ada temen yg saranin ke Rumah sakit siloam.

    ReplyDelete